Teka-teki Keberadaan Kate Middleton: Teori Konspirasi yang Membingungkan Dunia Media Sosial

kate-middleton-zoom

London – Belakangan ini, semua orang sepertinya tertarik pada satu pertanyaan: Di mana sebenarnya Kate Middleton dan apa yang terjadi padanya? Sudah cukup lama Putri Wales ini tidak muncul di depan publik, dan ketidakhadirannya membuat gempar media sosial, bahkan menarik perhatian mereka yang biasanya tak begitu tertarik pada urusan keluarga kerajaan.

Semuanya dimulai ketika Istana Kensington mengumumkan pada 17 Januari bahwa calon permaisuri akan menjalani operasi perut misterius di Klinik London. Dikabarkan bahwa ia akan tinggal di rumah sakit untuk pemulihan dan tidak akan muncul di depan publik hingga Paskah.

Namun, sejumlah kejadian kebetulan kemudian membuat netizen menjadi curiga. Victoria Howard, seorang komentator kerajaan dan pendiri situs web The Crown Chronicles, menyatakan bahwa kecurigaan tersebut wajar.

“Lamanya ketidakhadiran Kate sungguh tidak biasa dan menimbulkan kecurigaan akan adanya prosedur medis yang signifikan, namun kurangnya detail yang disampaikan membuat rumor semakin berkembang. Bagi orang di luar kerajaan, yang lebih mengidentifikasi anggota kerajaan sebagai selebriti, mereka tidak bisa memahami mengapa tidak ada rincian yang dibagikan,” ujarnya.

Tak berapa lama kemudian, pada tanggal 5 Februari, Raja Charles didiagnosis menderita kanker. Sekarang, dua figur utama dalam keluarga kerajaan sedang mengalami masalah kesehatan hampir bersamaan, namun hanya satu yang terlihat di depan publik. Kate Middleton masih belum terlihat.

Pada awal bulan ini, juga terungkap bahwa foto keluarga Catherine dan ketiga anaknya yang diposting oleh sang putri di Instagram telah mengalami penyuntingan. Hal ini membuat agen berita ternama seperti Associated Press menarik foto tersebut. “Jika diperhatikan secara detail, tampaknya sumber telah memanipulasi gambar tersebut dengan cara yang tidak sesuai dengan standar foto AP,” ungkap mereka.

Teori-teori ‘Katespiracies’ di media sosial mulai berkembang, mulai dari Kate menjadi kontestan terbaru di acara televisi The Masked Singer hingga dugaan bahwa ia melakukan prosedur estetika di bokongnya ala Brazil. Bahkan ada yang lebih ekstrim, seperti dugaan bahwa sang putri sedang dalam kondisi koma atau bahkan telah meninggal dunia karena dikhianati oleh Pangeran William.

Carly Wainsworth, seorang warga Amerika yang aktif dalam mengikuti gosip kerajaan di Reddit, menyatakan bahwa situasi ini terasa seperti memecahkan teka-teki. “Rasanya seperti sebuah cerita fiksi, tapi pada kenyataannya, itu sangat nyata dan masuk akal. Ketika ada gambar yang di-edit, maka pasti membuat kita penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi,” katanya.

Berita-berita utama di Amerika Serikat, seperti Washington Post, ABC News, dan NPR, juga ikut memperhatikan peristiwa ini. The Los Angeles Times bahkan membandingkan drama seputar Kate dengan drama yang melibatkan Putri Diana pada akhir tahun 80an dan 90an.

“Banyak orang masih membawa luka atas tragedi Putri Diana dan bertanya-tanya mengenai penyebab sebenarnya di balik kematiannya,” ujar Ellie Hall, seorang ahli kerajaan.