Indonesia Gagalkan “Dewa-Dewa” Sepakbola Korea, Hentikan Rentetan Olimpiade!

kekalahan timnas republik korea u23

Jakarta – Dalam pertarungan sengit yang memukau, timnas Indonesia U-23 berhasil menggagalkan ambisi Korea Selatan dan melangkah ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Kemenangan heroik ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga menandai akhir dari dominasi panjang Korea di Olimpiade.

Pada laga dramatis di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Jumat (26/4/2024) dini hari, Indonesia dan Korea bertarung sengit hingga akhir waktu normal dan perpanjangan waktu. Namun, kemenangan akhirnya direbut Indonesia melalui adu penalti dengan skor akhir 11-10.

Kemenangan ini bukan hanya tentang mempertahankan mimpi Indonesia untuk berlaga di Olimpiade 2024, tetapi juga menandai akhir dari kehadiran tak terputus Korea di panggung Olimpiade. Ini pertama kalinya dalam 36 tahun terakhir Taegeuk Warriors gagal meraih tiket ke Olimpiade.

Rentetan partisipasi yang legendaris ini mencatat rekor untuk tim sepakbola Asia, menunjukkan dominasi yang luar biasa dari Korea. Namun, Indonesia telah menulis babak baru dalam sejarah dengan keberhasilannya kali ini.

Prestasi terbaik Korea dalam cabang sepakbola Olimpiade adalah meraih medali perunggu di London 2012. Namun, kali ini, mimpi mereka terhenti di perempatfinal oleh semangat juang yang tak terbendung dari Garuda Muda.