PKB dan PKS Sepakat Berkoalisi di Pilkada 2024, Fokus di Jatim-Jateng

PKB dan PKS Sepakat Berkoalisi di Pilkada 2024

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menyepakati untuk berkolaborasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kesepakatan tersebut diungkapkan oleh elite kedua partai setelah melakukan pertemuan di Kantor Pusat DPP PKB, Jakarta, pada malam ini.

Awalnya, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dari perwakilan PKS. Dia menyatakan harapannya untuk dapat bekerja sama dengan PKS baik di level legislatif maupun eksekutif.

“Jika tidak di tingkat eksekutif pusat, maka kami akan bekerja sama di tingkat eksekutif daerah. Sebelum memasuki tingkat eksekutif, tentu saja ada pembentukan koalisi di tingkat pilkada. Insyaallah, kami juga akan mencari jalan agar bisa berkoalisi. Kami memiliki pengalaman yang banyak dalam berkoalisi bersama PKS,” ujar Cak Imin usai pertemuan pada Kamis (25/4/2024).

“Cak Imin juga menambahkan, “Kami juga berharap untuk melihat perubahan yang lebih baik dalam sistem ekonomi politik dan kehidupan kami dalam 5 tahun ke depan, agar menjadi lebih maju lagi di masa yang akan datang.”

Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsy, juga menyampaikan kesepakatan yang sama. Dia membagikan inti dari pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam.

“Salah satu pembicaraan yang paling menarik adalah mengenai rencana pasca-pilpres ini. Ke mana arah langkah kita, di mana kita akan berada, dan bagaimana langkah kita. Namun, yang telah diputuskan dengan cepat adalah kolaborasi dalam pilkada,” ujar Aboe.

Aboe tidak merinci secara pasti di daerah mana mereka akan berkolaborasi, tetapi dia menyebutkan bahwa dua di antaranya adalah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bahkan, Aboe menyatakan bahwa PKS juga telah menawarkan kepada PKB untuk mengajukan calon gubernur dalam kontestasi tersebut.

“Kami menawarkan kepada PKB untuk mengajukan calon gubernur, tetapi mereka menunjukkan sikap yang rendah hati. Kami memberikan kesempatan kepada PKS, dan kami siap untuk bekerja sama di banyak daerah, terutama di Jawa Timur dan Jawa Tengah, yaitu markas dari PKB,” ungkap Aboe.

Lebih lanjut, Aboe juga menyambut baik harapan untuk bekerja sama dengan PKB di parlemen. Dia berharap agar kerjasama tersebut dapat membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Selanjutnya, kami akan berusaha membangun kerja sama di parlemen dengan menghasilkan undang-undang yang lebih positif, yang dapat membawa dinamika yang lebih baik bagi masyarakat,” tambahnya.