Antrean Panjang saat Lift-Eskalator Mati di Stasiun Manggarai

eskalator manggarai rusak

Jakarta – Stasiun Manggarai menjadi saksi kesibukan luar biasa saat lift dan eskalator menuju peron 11-12 tiba-tiba mogok, memaksa penumpang KRL arah Depok, Citayam, Nambo, dan Bogor untuk menaiki tangga. Keadaan tangga yang penuh dengan penumpang membuat suasana semakin padat dan ramai pada Rabu (6/3/2024).

Pemandangan di tangga menuju peron 11-12 pun terlihat sangat padat, dengan penumpang antre untuk menaiki tangga tersebut. Tidak hanya itu, penumpukan juga terjadi di jalur menuju tangga, di mana penumpang harus mengantre untuk mendapatkan giliran naik.

Petugas keamanan stasiun turun tangan untuk mengatur arus penumpang yang naik dan turun, sambil memasang pembatas agar jalur tersebut tetap terorganisir. Langkah ini diambil untuk mencegah tabrakan antara penumpang yang hendak naik dan turun tangga, serta memastikan situasi tetap kondusif meskipun volume penumpang meningkat saat jam pulang kerja.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada penumpang agar memperhatikan langkah mereka dan tidak memainkan handphone saat menaiki tangga, untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

Namun, kondisi padatnya jalur menuju peron 11-12 membuat beberapa penumpang mengeluh, terutama yang sudah berusia lanjut seperti Sita (54). Baginya, kesulitan menaiki tangga terasa lebih berat tanpa adanya eskalator, terutama setelah seharian bekerja.

Meskipun demikian, Sita mengaku bahwa ia tidak pernah mengalami desakan saat menaiki tangga, karena ia selalu menunggu hingga jalur tangga tidak terlalu ramai sebelum memutuskan untuk naik.