Mahfud Md Serahkan Surat Pengunduran Diri dan Beri Pesan Ini untuk Menko Polhukam Penggantinya

Jakarta – Cawapres nomor urut 03 Mahfud Md telah resmi mengundurkan diri dari jabatan Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam). Dalam kesempatan tersebut, Mahfud memberikan pesan khusus untuk calon Menko Polhukam penggantinya, yaitu agar selalu dekat dengan wartawan.

Mahfud menjelaskan bahwa keterlibatan wartawan sangat penting dalam menyelesaikan sejumlah persoalan. Menurutnya, melibatkan media membantu menyelesaikan permasalahan yang sulit diatasi secara langsung.

“Saya selalu gunakan wartawan, kalau ngukur sendiri enggak bisa, kalau ada orang nakal itu. Maka kalau ada orang nakal, pejabat nakal, sulit saya hadapi sendiri, berkoordinasi ke sana macet, koordinasi sana macet, saya lempar ke wartawan, dilempar ke publik, semua lancar,” ucap Mahfud dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Kamis (1/2/2024).

Mahfud menekankan bahwa penggantinya nanti harus tetap berhubungan baik dengan rekan-rekan media. Meski belum tahu siapa yang akan menggantikan posisinya, Mahfud menyampaikan pentingnya hubungan yang baik dengan wartawan.

“Saudara harus tetap rajin ke sini, saya belum tahu siapa yang akan jadi pengganti. Tapi penting bagi Kemenko Polhukam itu dekat dengan wartawan, seperti yang selama ini selalu saya lakukan,” tambah Mahfud.

Sebagai catatan, pertemuan Mahfud dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berlangsung lebih dari 10 menit tersebut, menandai resminya pengunduran diri Mahfud dari jabatannya. Mahfud menyampaikan bahwa pertemuan itu berlangsung cukup lama karena banyak hal yang perlu dibahas.