GAMKI Protes Pencatutan dalam Dukungan Ganjar-Mahfud, TPN Angkat Bicara

Jakarta – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md memberikan tanggapan terhadap protes yang disampaikan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) terkait pencatutan nama organisasi tersebut dalam acara deklarasi dukungan kepada pasangan calon nomor urut 3. Jubir TPN, Achmad Baidowi atau Awiek, menyatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui secara rinci masalah tersebut dan berpendapat bahwa itu merupakan urusan internal GAMKI.

“Ya kita nggak tahu ya itu urusan internal teman-teman DPP GAMKI ya. Kalau kemudian itu mereka mengatasnamakan jaringan nasional itu kan hak mereka. Kita nggak mau campur urusan DPP GAMKI. Kita nggak tahu-menahu soal itu,” ujar Awiek kepada wartawan, Jumat (26/1/2024).

Awiek menegaskan bahwa Jaringan Nasional GAMKI yang menyatakan dukungan bukan bagian dari DPP GAMKI. Ia menyarankan DPP GAMKI untuk menyampaikan protes pencatutan tersebut ke Jaringan Nasional GAMKI.

“Ya kan Jarnas GAMKI bukan DPP GAMKI. Silakan aja protes sama Jarnas GAMKI,” tambah Awiek.

Lebih lanjut, jubir PPP ini menyatakan bahwa TPN akan menghadiri acara deklarasi dukungan apabila diundang. Ia menegaskan keterlibatan TPN tergantung pada undangan yang diterima.

“Kalau TPN ada yang mau deklarasi diundang hadir, ya hadir. Ada orang mau dukung ya kami terima,” pungkasnya.

Sebelumnya, GAMKI mengecam penggunaan nama organisasinya dalam acara deklarasi dukungan kepada pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Wakil Ketua Umum DPP GAMKI, Maruli Silaban, mengecam keras penggunaan nama organisasi tersebut untuk kepentingan politik tertentu dan meminta permintaan maaf resmi dalam waktu 2 x 24 jam jika tidak akan diambil langkah-langkah lebih lanjut.