Viral! Anjing Pemburu Babi Disiksa Majikan di Hutan Bandung Barat

anjing-pemburu-babi

Jakarta – Aksi penyiksaan terhadap seekor anjing oleh seorang pria yang diduga pemiliknya mendadak viral di media sosial. Insiden tragis ini ternyata terjadi di kawasan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam video berdurasi 27 detik yang beredar luas, tampak seekor anjing cokelat muda mengalami kekejaman tak terperi. Anjing malang itu digigit oleh anjing-anjing lain dan dibanting ke sana kemari dalam kondisi terikat. Meski ukurannya tidak besar, anjing itu berusaha melawan dengan suara melengking, seakan memohon agar kekejaman itu dihentikan.

Kejadian ini berlangsung di kawasan hutan daerah Gununghalu, Bandung Barat, pada 21 Juli lalu. Anjing tersebut adalah milik komunitas pemburu babi hutan.

Viralnya video penyiksaan ini memicu kecaman keras dari para aktivis pecinta hewan, khususnya dari Animals Hope Shelter Indonesia. Mereka berencana membawa kasus ini ke ranah hukum.

“Informasi tentang kekerasan ini kami peroleh dari netizen yang merupakan followers kami. Mereka melaporkan adanya tindakan kekerasan terhadap anjing yang dilakukan oleh sekelompok pemburu babi hutan,” ujar Christian Joshua Pale, aktivis pecinta hewan dari Animals Hope Shelter Indonesia, saat ditemui di Cimahi, Rabu (24/7/2024).

“Anjing itu adalah hasil persilangan yang dibeli pelakunya untuk berburu, berdasarkan pengakuan keluarganya. Namun, kami belum sempat bertemu dengan pelaku. Diketahui juga bahwa anjing tersebut dilatih dengan cara yang keras dan kasar, yang jelas tidak sesuai dengan prinsip kesejahteraan hewan,” lanjut Christian.

Kasus ini menjadi sorotan publik, mengundang simpati sekaligus kemarahan dari berbagai kalangan. Tindakan brutal ini tidak hanya melanggar hukum, tetapi juga meruntuhkan nilai-nilai kemanusiaan dan kesejahteraan hewan. Para aktivis berharap agar pelaku mendapat hukuman yang setimpal dan praktik kekerasan terhadap hewan segera dihentikan.