Sosok Thomas Matthew Crooks, Penembak Donald Trump di Pennsylvania

donald-trump-ditembak-as

Jakarta – FBI berhasil mengidentifikasi pelaku penembakan dalam upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Pelaku diidentifikasi sebagai Thomas Matthew Crooks, 20 tahun, dari Pennsylvania.

“FBI telah mengidentifikasi Thomas Matthew Crooks, 20, dari Bethel Park, Pennsylvania, sebagai subjek yang terlibat dalam upaya pembunuhan mantan Presiden Donald Trump pada 13 Juli, di Butler, Pennsylvania,” kata FBI dalam pernyataan yang dikutip dari NBC dan CBS, dilansir AFP, Minggu (14/7/2024).

Sosok Thomas Matthew Crooks

Penembak Trump ini ternyata terdaftar sebagai anggota Partai Republik yang sebelumnya memberikan kontribusi kecil kepada kelompok yang berpihak pada Partai Demokrat.

Thomas Matthew Crooks tinggal di Bethel Park, pinggiran Pittsburgh, sekitar 35 mil selatan tempat kampanye Trump berlangsung. Ia lulus dari Sekolah Menengah Bethel Park pada tahun 2022, berdasarkan laporan media lokal dan video pembukaan sekolah tersebut.

Dalam daftar pemilih Pennsylvania yang cocok dengan nama, usia, dan alamatnya, Crooks terdaftar untuk memilih sebagai anggota Partai Republik. Pada pemilihan presiden tahun ini, ia baru pertama kali cukup umur untuk ikut serta.